CD adalah singkatan dari Compact Disk. Alat ini merupakan sebuah disk yang digunakan untuk menyimpan data secara digital dengan menggunakan sistem optical. Pada umumnya, CD ditemukan dengan ukuran sekitar 120 milimeter CD ini dapat digunakan untuk menyimpan data suara sepanjang 1 jam 20 menit atau suara yang belum di kompres dengan ukuran 700 MB. Selain itu, ada juga CD dengan ukuran mini yang memiliki ukuran beragam mulai dari 60 milimeter hingga 80 milimeter. CD, VCD, DVD merupakan jenis-jenis cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data dan sifatnya portable atau bisa dibawa kemana-mana. Adapun ketiga jenis tersebut memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.Oleh karena itu Anda wajib mengetahui pengertian, sejarah, fungsi dari CD, VCD dan DVD sehingga bisa membedakannya dengan jelas dan berikut ini adalah ulasannya.

Sejarah Perkembangan CD

Cd pertama kali dibuat oleh perusahaan Philips dan Sony. Pertama kali CD dirilis pada tahun 1982. Pada awal nya, format yang bisa disimpan dengan menggunakan perangkat ini adalah suara yang dihasilkan dalam sebuah kegiatan recording

Akan tetapi kemudian perangkat ini dikembangkan menjadi sebuah alat untuk menyimpan data yang kemudian disebut dengan CD-ROM. Pada awal dikembangkan CD memiliki kemampuan untuk menyimpan data hingga 10 MB saja.