Toko & Service Komputer, Jual Laptop – Printer – PC Rakitan – PC Gaming – Proyektor – Aksesoris Harga Murah & Terlengkap Di Medan

Bagi para pecinta teknologi tentunya berbelanja alat elektronik terkini adalah hal yang menyenangkan. Biasanya orang mencari toko PC gaming bagi para pecinta game atau toko laptop untuk yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Tapi, tidak hanya untuk para pecintanya saja. Tentunya banyak orang yang membutuhkan berbagai perlengkapan elektronik untuk dipakai sehari-hari.

Salah satu jenis alat elektronik yang banyak dipakai sehari-hari adalah proyektor. Alat satu ini biasanya digunakan untuk kantor sebab kegunaannya untuk membantu jalannya meeting karena dapat memberikan tampilan dari komputer ke ukuran yang besar. Sebelum kamu menemukan toko proyektor yang lengkap, kenali dulu cara memilih proyektor yang tepat.

Pilih Jenis Aspect Ratio yang Tepat

Aspect ratio merupakan hal penting karena membantu kamu memilih lebar layar yang sesuai kebutuhan. Secara umum, ada dua jenis aspect ratio yang umumnya ada pada proyektor. Pertama adalah model wide screen atau yang memiliki rasio 16:9. Kemudian ada pula ratio yang full-screen yaitu dengan ratio 4:3. 

Memang ada jenis rasio lainnya yang ada pada proyektor. Hanya saja memang jarak untuk dipakai pada keperluan umumnya. Namun jika kamu ingin lebih praktis, sudah ada pula proyektor yang memiliki kedua aspect ratio ini. Tentu kamu bisa mendapatkannya di toko proyektor yang tepat dan lengkap.

Resolusi yang Sesuai Kebutuhan

Tentu saja kebutuhan setiap orang berbeda-beda sehingga harus menyesuaikan. Setiap proyektor memiliki ketajaman dan kualitas gambar  yang berpengaruh terhadap tingginya resolusi. Sebut saja yang terendah adalah Super Video Graphics Array yang memiliki 480,000 pixels atau 800×600. Kemudian untuk sedikit di atasnya adalah Extended Graphics Array dengan total 786,432 pixels atau 1024×768.

Kamu juga bisa memakai resolusi Super Extended Graphics Array dengan total 1,310,720 pixels atau setara dengan 1280×1024. Sementara untuk yang paling atas adalah Ultra Extended Graphics Array dengan total 1,920,000 pixels atau setara dengan 1600×1200. Untuk presentasi saya kamu bisa memakai Super Video Graphics Array atau Extended Graphics Array. Semuanya bisa kamu dapatkan di berbagai toko proyektor

Tingkat Brightness atau Lumens

Tingkat brightness pada proyektor ditandai dengan satuan yang disebut dengan lumens. Semakin tinggi kecerahan yang dibutuhkan semakin tinggi pula angka lumensnya. Proyektor sendiri memiliki kisaran lumens di antara 800 sampai 4.000. Lalu bagaimana pemilihan proyektor yang tepat untuk lumens?

Jika datang ke toko proyektor untuk mencari kebutuhan sekolah dan kantor, kamu cukup memakai proyektor dengan 2.000 lumens. Biasanya untuk sekolah dan kantor, proyektor hanya digunakan untuk menampilkan materi saja. Apalagi biasanya diletakkan di sebuah ruangan yang pencahayaannya mendukung. 

Namun perhatikan pula luas ruangannya. Jika memang hanya ruangan kecil saja seperti ruang kelas atau ruang rapat, kamu bisa memakai 2.000 lumens. Namun jika dipakai untuk gedung pertemuan hingga ruang konferensi, maka akan lebih baik jika kamu memakai 2.500 lumens.

Bila kegunaanya dipakai untuk home teather, ternyata justru tidak membutuhkan tingkat brightness yang tinggi. Biasanya pencahayaan yang dibutuhkan hanya sedikit saja. Maka dari itu, kamu hanya membutuhkan 800 sampai 1000 lumens saja. Lalu bagaimana dengan lumens tinggi?

Kamu bisa memilih di toko proyektor dengan lumens tinggi jika dipakai untuk layar yang besar. Selain itu, dapat pula dipakai untuk aktivitas di semi-outdoor. Dengan demikian tampilan yang ditunjukkan akan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.